Taman di Atap Rumah Sejuk, Asri, Unik dan Menyenangkan

Taman di Atap Rumah. Tata guna lahan di wilayah perkotaan yang semakin menyempit dewasa ini, semakin memicu kreatifitas para arsitek dan desainer untuk menyiasatinya, salah satu konsep desain yang sangat menarik adalah membuat taman di atap. Terdengar aneh mungkin, tetapi konsep ini sangat menarik untuk dicermati. Membuat taman di atap rumah (roof garden) adalah salah satu konsep penghijauan yang dapat Anda terapkan di rumah, adanya taman atap rumah dapat memberikan nuansa yang lebih hijau dan juga suasana berbeda bagi penghuninya.

Taman di Atap Rumah

membangun taman diatap rumah

Taman diatap rumah menjadi salah satu cara cerdas bagi anda yang tak mempunyai cukup ruang untuk dijadikan taman, konsep roof garden bertujuan untuk memberikan nuansa hijau bagi rumah. Di Indonesia dewasa ini, konsep taman diatap  banyak diaplikasikan di gedung-gedung perkotaan, tapi sebenarnya konsep taman ini bisadengan mudah diaplikasikan di rumah Anda.

Jika anda tertarik untuk membangun taman di atap rumah, sebenarnya konsep dan penataanya tidak jauh berbeda dengan taman dihalaman rumah anda, perbedaan sedikit hanya terdapat ada saat menyipakan media tanam. sebelum membuat taman di atap rumah, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan;

Tentukan Konsep Desain Taman

Tentukanlah desain taman yang akan kita buat, pilih tanaman  ringan yang tidak terlalu banyak membutuhkan air dan tahan terhadap terik matahari. Anda  juga bisa menanam tanaman yang berbunga dan buah agar taman terlihat lebih berwarna.

membangun taman diatap rumah

Biaya

Biaya adalah hal yang perlu Anda perhitungkan, terutama biaya dalam pembuatan drainase dan permukaan taman, sistem drainase tersebut nantinya berfungsi sebagai jalur pembuangan air sisa-sisa penyiraman tanaman.

Membangun Media Tanam

Hal yang pertama harus anda lakukan adalah memastikan kekuatan dek atap rumah untuk menerima beban berupa kerikil,tanah, air, ijuk. Selanjutnya aplikasikan lapisan water proofing untuk melapisi permukaan atap, lapisan ini sendiri berfungsi menghindari atap dari kebocoran akibat kelebihan kandungan air pada saat penyiraman tanaman. Tips sederhananya adalah buat permukaan taman miring agar air dapat dengan mudah menuju drainase.

Langkah berikutnya adalah membuat sub-base. Sub-base ini berfungsi untuk menahan tanah agar tidak terbawa air ke drainase pada saat penyiraman taman. Bahan yang di gunakan untuk membuat Sub-base berupa kerikil dan ijuk kelapa.

membangun taman diatap rumah

Yang terakhir adalah membuat lapisan tanah bagian atas, lapisan tanah bagian ini berfungsi sebagai media tanam, gunakanlah tanah yang telah dicampur dengan pupuk kompos, ketebalan lapisan tanah tersebut sekitar 20cm, atau tergantung tanaman apa yang Anda tanam.

Perawatan Taman

Perawatan taman di atap rumah tidak jauh berbeda dengan perawatan taman pada umumnya, seperti peniyiraman air, memberikan pupuk, dan dijaga pertumbuhannya.

Taman di atap rumah adalah bentuk dari konsep green living yang bisa anda aplikasikan di rumah anda dengan mudah, konsep ini akan menciptakan suasana indah meskipun anda hanya memiliki lahan yang terbatas. Anda juga bisa mempertimbangkan membuat Taman Minimalis di  Rumah Type36.